Profil PNS 2019 – Cara Cek Data NIP PNS BKN Terbaru

Posted on

Profil PNS 2019 Cara Cek Data NIP PNS BKN Terbaru – Apakah Anda tahu cara cek Data NIP dan profil PNS BKN? jika Anda bingung dan tidak mengetahui caranya, silahkan Anda cek pembahasan dibawah ini yang akan menjelaskan caranya melalui web resmi BKN dan Aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store yang bisa cek NIP profil PNS BKN Anda.

PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) saat ini memang menjadi semua impian sebagian besar penduduk yang ada di Indonesia, Baik menjadi Guru atau bekerja di Dinas Pemerintah. Maka tidak heran jika saat ini PNS (Pegawai Negeri Sipil) menjadi profesi utama yang sangat banyak dicari atau mungkin setiap orang berlomba-lomba untuk bisa masuk dan menduduki sebuah jabatan tersebut.

Jika anda sudah masuk dan diterima sebagai anggota PNS, hal pertama yang akan anda dapatkan yaitu NIP (Nomor Induk Pegawai) yang dimana pada NIP tersebut terdapat identitas profil pribadi anda seperti nama, tanggal lahir, NIP sampai pangkat golongan PNS anda yang tercantum didalamnya.

Identitas profil pribadi anda akan masuk pada database BKN (Badan Kepegawaian Negara). Mungkin masalah yang terjadi pada anda yaitu bingung untuk mengecek NIP dan pangkat PNS yang terdapat pada database BKN.

Karena kebanyakan PNS yang baru masuk belum mengetahui cara cek NIP dan pangkat PNS mereka. Padahal dari pihak BKN telah memberikan sebuah link yang bisa diakses untuk para anggota PNS yang ada di Indonesia.

Profil PNS
Profil PNS

Cara Cek Data NIP dan Profil PNS BKN

Sebenarnya pihak BKN sudah memberikan sebuah link yang dapat anda gunakan untuk mengeceknya, berada di laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang dapat di akses selama 24 jam setiap harinya. Namun, tidak banyak para anggota PNS yang melakukan pengecekan NIP mereka kemungkinan tidak mengetahui alamat link yang sudah tersedia atau tidak mengerti sama sekali.

Pengecekan Data NIP dan Profil PNS sebenarnya sangat penting sekali. Kenapa? karena untuk memastikan bahwa data anda pada database sudah benar-benar valid (benar) dan juga sebuah pangkat PNS yang anda dapatkan saat ini.

Lalu bagaimana jika para PNS tidak rutin mengecek data-data mereka? Hal yang mungkin terjadi adalah data yang dimasukan salah dan mungkin menyebabkan mereka tidak mendapat imbalan yang sesuai dengan hak seharusnya di dapatkan.

Hal ini yang membuat kebanyakan gaji dan tunjangan yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan pangkat yang sandang. Untuk itu anda harus segera melakukan pengecekan dan pembaharuan. Karena jika anda terus membiarkannya, tentu akan membuat anda rugi.

A. Cek Melalui Website

Langkah pertama cek Data NIP dan Profil PNS BKN anda dapat langsung mengunjungi link berikut https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/. Disana anda dapat mengetahui data NIP dan Profil PNS anda saat ini.

Untuk cara ceknya sangat mudah sekali. Anda hanya memasukan identitas PNS pada laman situs tersebut, seperti Nama, Tanggal Lahir, dan data riwayat PNS anda saat ini.

Anda bisa langsung melakukan pengecekan NIP dan Profil PNS pada laman tersebut dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama silahkan anda kunjungi laman BKN dengan klik link dibawah ini.

    https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/

  2. Jika anda sudah masuk, lalu silahkan masukan NIP baru anda (tanpa spasi), kemudian klik Next/lanjutkan.
  3. Jika ada kode captcha, silahkan sesuaikan. (Kode captcha biasanya tidak muncul, maka anda coba dengan menggunakan browser lainnya atau buka melalui laptop dan PC)
  4. Kemudian lihat profil pegawai anda di halaman tersebut.

    cara cek profil PNS
    cara cek profil PNS
  5. Jika data riwayat pribadi anda terjadi kesalahan, silahkan anda coba lakukan pembaruan dengan identitas yang lebih benar (valid).

Catatan: Jika link tersebut tidak dapat diakses/kunjungi maka tunggu beberapa hari atau gunakan dengan aplikasi dibawah ini

B. Dengan Aplikasi Cek Profil PNS

Langkah kedua untuk cek Data NIP dan Profil PNS yaitu dengan menggunakan aplikasi unofficial yang bukan aplikasi resmi oleh BKN. Nama aplikasi tersebut adalah “Cek Profil PNS” anda dapat download di Google playstore dengan klik link yang sudah tersedia dibawah ini:

  1. Pertama silahkan anda download Aplikasinya dengan klik link berikut ini. DOWNLOAD
  2.  Kemudian buka aplikasi Cek Profil PNS.
  3. Jika sudah, masukkan NIP anda dan klik tombol cari NIP.
  4. Berikutnya akan muncul data anda seperti pada gambar dibawah ini seperti: nama, jabatan, NIP baru, NIP lama, tangal lahir dan data yang lainnya.

    cek pangkat PNS
    cek pangkat PNS

Catatan: Aplikasi ini bukan resmi dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) jadi aktif dan tidaknya sesuai dengan server BKN juga, jika website BKN sedang tidak aktif maka aplikasi ini juga tidak bisa diakses. Begitu juga sebaliknya!

C. Dengan Aplikasi My SAPK BKN

Langkah terakhir atau ketiga yaitu dengan menggunakan Aplikasi My SAPK BKN, yang merupakan sebuah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang fungsinya untuk memudahkan para anggota/calon PNS di seluruh indonesia, agar bisa mengakses data mereka seperti Data NIP, Profil PNS, KPE Virtual, Data Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen dan Data riwayat lainnya. Berikut cara cek dengan aplikasi My SAPK BKN dibawah ini:

  1. Pertama Download Aplikasi My SAPK BKN dengan klik link download berikut! DOWNLOAD
  2. Jika sudah, masukkan Username yaitu sebuah NIP (Nomor Induk Pegawai) dan password berupa NIK (Nomor Induk Kependudukan) anda.

    Cek dengan My Sapk BKN
    Cek dengan My Sapk BKN
  3. Kemudian anda akan masuk pada Menu Utama halaman Dashboard.

    cek profil PNS dengan Aplikasi
    cek profil PNS dengan Aplikasi
  4. Lalu klik cek profil PNS.

    klik cek profil PNS
    klik cek profil PNS
  5. Selesai!

Kenapa Halaman BKN Tidak Dapat Diakses

  1. Server atau Website BKN sedang melakukan perbaikan atau Maintenance.
  2. Server Down jika terdapat 502 maka data sudah terlalu banyak atau mengakses secara bersamaan, sehingga mengakibatkan server menjadi shutdown atau restar, solusinya yaitu tunggu beberapa jam dan akses kembali.
  3. Kemungkinan anda salah menginput alamat link website

Itulah cara cek data NIP dan profil PNS BKN, anda juga bisa cek pangkat golongan PNS dan data lainnya. Kemudian anda juga dapat melakukan input ulang jika terjadi kesalahan data atau identitas data PNS tidak sesuai. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait : Cara Cek KTP Via Internet