Ketahui Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan .Link

Posted on
domain link
Sumber: freepik.com

Beberapa ekstensi domain memiliki tujuan yang spesifik, seperti .tech untuk website teknologi dan .net untuk website yang berhubungan dengan jaringan internet. Namun, ada juga ekstensi domain yang tidak spesifik, sehingga bisa dipakai untuk banyak tujuan dan lebih bersifat fleksibel. Salah satu domain gTLD yang tidak spesifik penggunaannya adalah .link.

Konsumen bisa saja menyisipkan keyword dengan topik yang lebih bebas dengan menggunakan domain tersebut. Kamu akan bisa memanfaatkan ekstensi tersebut untuk membuat website pribadi, toko online, maupun website perusahaan. Ini bisa menjadi alternatif dari domain ketika sudah kewalahan mencari dengan ekstensi .com.

Pengertian Domain .Link

Salah satu ekstensi domain gTLD yang banyak dipakai oleh pemilik website adalah .link. sampai dengan saat ini paling tidak sudah terdapat 137.476. Sebagai gTLD yang dikeluarkan pada 2014 silam, ini masuk dalam ekstensi domain yang memiliki banyak pengguna. Siapa saja dapat menggunakan .link pada website, sehingga penggunaannya tidak terbatas pada suatu kalangan, seperti .gov.

Domain .link tersebut sekarang lebih dikenal sebagai jembatan yang biasa digunakan untuk mencari informasi maupun mencari uang dari internet. Nama domain yang menggunakan ekstensi tersebut juga rata-rata memiliki dampak marketing yang baik. 

Website dengan domain tersebut juga dikenal sebagai website yang terpercaya dan memiliki otoritas khusus dalam menyediakan informasi yang diinginkan pengunjungnya. Pemilik website dengan domain tersebut juga dapat terus mengembangkan isi kontennya dengan bebas setiap kali terdapat ide yang keluar.

Domain .Link Tidak Memiliki Batasan Tertentu

Beberapa domain gTLD maupun ccTLD memang ada yang memiliki batasan tertentu dalam penggunaannya. Misalkan saja .pro untuk gTLD yang hanya boleh dipakai oleh orang yang sudah profesional di bidang tertentu dan ditunjukkan dengan adanya pemenuhan suatu persyaratan. Konsumen yang belum memiliki sertifikat profesionalisme tidak dapat mendaftar ekstensi itu.

Baca Juga :  Kode Internet Gratis Telkomsel 2019 Dan Dial Paket Murah

Namun domain .link tidak mengharuskan pemenuhan suatu syarat untuk bisa dipakai. Kamu cukup membayar saja biaya domain tersebut dan akan segera bisa menggunakannya sesuai keperluan. Siapapun dari negara mana saja bisa memiliki domain .link. Tidak heran bukan jika penggunanya cukup banyak dibandingkan dengan beberapa domain yang memiliki limitasi.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Domain .Link?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan domain .link. Tidak hanya bisa dipakai untuk menghubungkan menuju ke website, tetapi bisa juga dipakai untuk melakukan berbagai macam aktivitas lainnya. Seluruh kegunaan .link bisa kamu lihat sebagai berikut.

  1. Menghubungkan Langsung ke Media Sosial

Sebuah ekstensi domain .link dapat dipakai untuk menghubungkan ke seluruh profil dari media sosial. Misalkan saja menggunakannya untuk terhubung ke profil Facebook dengan URL namakamu.link/facebook, namakamu.link/twitter, dan lain-lain. Bahkan kamu juga akan bisa memanfaatkan ekstensi domain untuk bisa terhubung ke profil di akun Linkedin.

Menggunakan domain tersebut dapat memberikan tampilan alamat URL yang lebih rapi dan tidak panjang. Teknik ini bisa dipakai pada saat kamu perlu memberitahukan kepada orang tertentu tentang resume kamu, termasuk alamat untuk menuju ke profil media sosial. 

  1. Dipakai Sebagai Alamat Website

Kegunaan paling umum dari suatu domain adalah dipakai pada URL menuju ke website personal. Apabila kamu ingin membuat profil kamu bersinar, tidak perlu hanya mengandalkan media sosial saja. Dapat mencoba untuk membuat website yang menampilkan kemampuan kamu melalui portfolio, sejarah pekerjaan, dan blog. 

Menggunakan ekstensi .link bisa menjadi pilihan yang tepat, karena masih tersedia ruang yang luas untuk menentukan check nama domain. Apalagi saat ini kamu bisa saja menyisipkan keyword tertentu yang diketahui dari tool khusus.

  1. Dipakai untuk Membuat URL Shortener
Baca Juga :  Cara Menggunakan Tigervpn untuk Internet Gratis 2019

Apabila kamu ingin membuat URL tampil sangat pendek untuk memudahkan embed ke suatu brosur online maupun pesan, maka kamu bisa menggunakan .link yang biasa ditambahkan dengan layanan perpendekan tautan URL. Pilih untuk menggunakan layanan yang custom supaya bisa membuat URL khusus yang sangat singkat. 

Bagaimana Cara Mendaftar Domain .Link?

Kamu ingin segera memiliki domain .link untuk menghubungkan ke profil sosial media maupun website, maka hanya perlu mengunjungi website DomaiNesia. Kami menyediakan domain .link dengan harga terjangkau. Apalagi saat ini sedang tersedia harga promo bagi pendaftar baru. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 79.000 saja untuk bisa menikmati .link.

Bagi kamu yang ingin berpindah provider domain alias melakukan transfer domain, maka biaya yang harus kamu bayar sudah pasti berbeda dari biaya pendaftaran. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu domain, termasuk .link. Konsumen tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk berkonsultasi, karena memang disediakan secara gratis. 

Apabila kamu adalah orang yang sibuk dan hanya memiliki waktu senggang saat malam hari, maka dapat menghubungi tim kami pada jam tersebut juga. Kami menyediakan layanan tanya jawab dan support teknis selama 24 jam.