Cara Reset Printer Epson L360

Posted on

Cara Reset Printer Epson L360, L130, L220, L310, L365 – Type printer epson tersebut adalah seri printer epson yang memiliki teknologi tinta infus yang bisa melakukan pencetakan dengan jumlah yang banyak.

Dengan memaksimakan teknologi pencetakan hemat dan berkualitas, Akan tetapi dengan seiringnya waktu printer yang di pakai terus menerus membutuhkan reset ulang tinta, atau bahkan muncul error printer epson l-series meminta direset.

Biasanya di dalam hal ini printer mengalami kendala tidak bisa melakukan pencetakan, dan muncul error pada layar komputer yang bertuliskan peringatan status Monitor Ink Waste Is Full.

Ciri lain yang terjadi ketika printer epson L-series ini dinyalakan Print Head tidak bergerak, biasanya disertakan dengan tanda kedipan lampu yang ada di area tombol power.

Untuk itu kami akan memandu kamu bagaimana cara mereset agar kamu tidak perlu membawanya ke tukang service.

Sebelum melakukan cara ini, Agar lebih baik periksa dahulu printer kamu dan pahami apa gejalanya, Berikut ini bisa menjadi acuan kamu untuk nge-cek printer

  1. Periksa tinta pada tabung printer, Andai sudah habis maka silahkan isi ulang lalu coba untuk print, jika tetap tidak bisa maka cek lainnya.
  2. Periksa Cartridge printer, pastikan bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada cartridge.
  3. Pastikan kertas tida ada yagn terjepit yang membuat nya macet.
  4. Periksa kabel yang terhubung antara printer dan laptop maupun komputer

Jika sudah diperiksa namun tetap tidak bisa hidup, maka sebaiknya reset printer dengan cara ikuti panduan dibawah ini

Cara Mereset Printer Epson L360

epson l360

Perhatikan dengan seksama beberapa langkah dibawah ini agar printer epson kamu bisa digunakan kembali.

Langkah pertama adalah buka Program resetter, Jika kamu belum memilikinya kamu bisa mendownloadnya melalui situs resmi epson atau mencarinya di pencarian google.

Baca Juga :  Cara Membuat Akun SSH Premium Gratis Selamanya
  • Setelah Program terbuka maka Pilih menu Select
  • Pada untuk Bagian Model Name : pilih yang sesuai dengan tipe printer kamu (L130 L220 L310 L360 L365) , Untuk Port biarkan Auto / Pilih port andai printer terdeteksi (umumnya sambungan usb-printer langsung) > kemudian Ok
  • Setelah itu pilih bagian ” Particular adjustmen mode” > kemudian pilih Waste Ink pad

Kemudian pada langkah selanjutnya dan ini yang paling penting, pertama harus mencentang main pad counter > lalu tekan Check > setelah itu muncul informasi total counter hingga saat ini > lalu untuk merestorenya centang kembali dikotak main pad counter > lalu tekan initialize

  • Jika proses yang ini berhasil, maka akan muncul printah untuk mematikan printer > klik OK
  • kemudian hidupkan kembali Printer
  • Proses reset printer epson selesai, dan cobalah untuk mencetak sebuah dokumen

Kendala yang paling sering terjadi pada type printer epson l series adalah Tidak bisa kita gunakan yang disebabkan Munculnya peringatan status Monitor Ink Waste Is Full.

Indikasinya Printer dinyalakan, sama sekali tidak ada pergerakan Printer Head, Selain itu Juga ada tanda Blinking Error diantara Tombol Reset dan Tombol yang bersimbol Kertas secara bergantian.

Jika kamu menemukan kendala seperti ini, Itu Artinya Printer Membutuhkan Tool Yang biasanya dikenal dengan istilah resetter.

Apa Fungsi Resetter? Buat Yang belum Mengerti , Maka perlu diketahui bahwa Seriap Printer mempunyai Resetter yang berbeda-beda dan itu bergantung dari Printer yang digunakan, Resetter mempunyai Fungsi Utama untuk Merestore / Mengosongkan Kembali Eeproom Counter Pada Printer

Artinya, ada saat Counter tersebut Penuh, Itu bergantung dari User , Semakin sering menggunakan Printer maka semakin sering melakukan HEad Cleaning, Maka semakin Cepat Juga Counter Penuh.

Baca Juga :  Cara Cek KTP Via Internet Melalaui Web Terbaru 2019

Nah, kendala-kendala seperti itu kamu bisa mengunakan cara yang kami sediakan di atas. Demikialah cara reset printer dan Semoga bermanfaat.

Cara Lainnya :