5 Cara Mengaktifkan Aplikasi Android Dengan Mudah 2018

Cara Mengaktifkan Aplikasi Android – Saat ini banyak aplikasi Android yang tersedia dengan berbagai macam fungsi. Semua smartphone dengan OS Android memiliki cukup banyak aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Aplikasi bawaan merupakan aplikasi yang sudah di install dari pabrik dan kadangkala susah dihilangkan. Memang kebanyakan aplikasi bawaan memiliki fungsi penting seperti contohnya kontak, pesan, setting dan masih banyak yang lain nya.

Karena pentingnya aplikasi bawaan tak jarang pihak produsen memasangnya secara permanen alias tidak bisa diuninstall atau di hapus. Kadang aplikasi bawaan juga mengandung bloatware sehingga mengganggu si pemakai. tak dipungkiri ada aplikasi yang justru membawa malware dan sangat berbahaya bagi smartphone. Ada pula aplikasi bawaan yang memberatkan smartphone dan kadang memunculkan iklan. Tentunya ini sangat mengganggu bagi sebagian orang.

Oleh karena itu banyak orang yang memilih menonaktifkan beberapa aplikasi bawaan untuk mengurangi beban pada RAM smartphone. Menghapus aplikasi bawaan dapat dengan mudah dilakukan jika smartphone dalam keadaan root, sayangnya tak semua orang mau menggunakan cara ini. Namun ada kalanya aplikasi bawaan yang penting justru kita nonaktifkan dan mengganggu pekerjaan. Seperti misalnya tak sengaja menonaktifkan aplikasi SMS sehingga kita tidak bisa menerima atau mengirim pesan.

Menghapus aplikasi bawaan yang penting kegunaan nya tentu kadang menyusahkan pengguna nya. Berbeda hal nya dengan aplikasi biasa yang jika hilang bisa langsung di download di Google Play Store seperti Whatsapp, Facebook atau aplikasi VPN. Tak semua vendor smartphone memberikan aplikasi bawaan nya untuk di unduh di Google Playstore, beberapa diantaranya hanya update saja. Diakui memang tiap merek smartphone memiliki aplikasi bawaan berbeda beda sehingga perlu hati hari saat menonaktifkan nya.

Cara Mengaktifkan Aplikasi Android Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Aplikasi Android

Cara Mengaktifkan Aplikasi Android

Jika kita menonaktifkan aplikasi sama saja sistemnya kita menyimpan instalasi APK dari aplikasi tersebut. Sehingga bisa diaktifkan dan digunakan jika kita membutuhkan nya. Ada kalanya kita lupa atau bahkan tidak tau cara mengaktifkan aplikasi android yang sudah dinonaktifkan sebelumnya. Oleh karena itu kami sudah menyiapkan beberapa cara mengaktifkan aplikasi android yang bisa dicoba berikut ini.

1.Masuk Menu Setelan atau Pengaturan

Masuk Menu Setelan atau Pengaturan

Masuk Menu Setelan atau Pengaturan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke menu pengaturan atau setting yang ada di smartphone android. Memang icon biasanya memiliki lambang bergerigi dengan bentuk berbeda beda antar smartphone satu dan lain nya. Langsung saja tap icon pengaturan

2.Masuk Menu aplikasi

Masuk Menu aplikasi 

Masuk Menu aplikasi

Selanjutnya akan muncul menu pengaturan dan silahkan tap bagian aplikasi. Tampilan menu setting memang berbeda beda namun kategori aplikasi dapat dengan mudah ditemukan

3.Cari Aplikasi yang Nonaktif

Cari Aplikasi yang Nonaktif

Cari Aplikasi yang Nonaktif

Pada menu aplikasi silahkan tampilkan semua aplikasi yang ada di smartphone android. Cari aplikasi yang memiliki status nonaktif, kami contohkan aplikasi cuaca.

4.Tap aplikasi yang Nonaktif

Tap aplikasi yang Nonaktif 

Tap aplikasi yang Nonaktif

Masuk ke menu aplikasinya, pada contoh nya cuaca lalu klik aktifkan untuk mengaktifkan nya. Setelah aktif akan tampil seperti gambar diatas dengan munculnya tulisan nonaktifkan.

5.Cek Aplikasi dan Jalankan

Cek Aplikasi dan Jalankan

Cek Aplikasi dan Jalankan

Jika sudah keluar lalu cari aplikasi yang sudah diaktifkan tadi, dalam hal ini aplikasi cuaca sudah muncul dilayar. Langsung cek fungsi aplikasinya dengan membukanya, jika sudah terbuka dengan benar maka langkah langkah sudah selesai dilakukan.

Cara mengaktifkan aplikasi android bawaan memang cukup mudah dilakukan tinggal teliti dalam mencari pada tampilan menu. Langkah diatas juga bisa digunakan pada smartphone android yang sudah di root. Memang jika menonaktifkan aplikasi penting kadangkala akan mengganggu fungsi smartphone. Jadi lebih baiknya pengguna tau lebih jelas mana aplikasi yang bloatware dan bukan.

Kalau yang dihadapi aplikasi seperti Hangouts, Google Drive atau Play book lebih baiknya dinonaktifkan saja. karena jika kita membutuhkan aplikasi tersebut bisa langsung diaktifkan dengan cara cara diatas. Namun apa bila bloatware sebaiknya dinonaktifkan secara permanen saja agar tak mengganggu performa smartphone. Semoga informasi seputar cara mengaktifkan aplikasi android diatas bisa jadi referensi dan bermanfaat.

Tags: , , ,