14 Cara Install Git Di Windows Dan Linux Terlengkap 2018

Cara Install Git – Git merupakan  version control system yang digunakan developer untuk kebutuhan pengembangan software secara bersama. Fungsi git adalah mengatur tiap versi source code program dengan memberikan tanda baris dan kode mana yang akan diganti atau ditambah. Developer memilih menggunakan git karena sangat efektif dan dapat digunakan dengan mudah. Banyak yang mengatakan bahwa Git berbeda dengan VCS lain karena lebih baik dalam menyimpan informasi.

Selain itu Git juga dapat memberikan perlakukan berbeda terhadap tiap informasi walau soal antar muka atau interface nya hampir sama. Secara umum Git bekerja layaknya kumpulan snapshot dari bagian sistem miniatur berkas sehingga kita ada perubahan pada project Git maka akan secara otomatis terekam bagaimana gambaran keadaan nya dan menyimpan referensinya sebagai gambaran.

Git sangat memudahkan programmer mengetahui perubahan source code sehingga tak perlu membuat file baru karena bisa dipantau secara langsung. Selain itu bagi yang bekerja secara team tentunya pekerjaan satu sama lain tak akan mengalami bentrokan. Tiap programmer atau developer bisa membuat branch milik sendiri sebagai lokasi workspace nya sehingga tidak tercampur dengan yang lain nya.

Kini kita bisa menjumpai beberapa VCS seperti contohnya github, bitbucket, snowy evening dan masih ada banyak lagi di internet. Kelebihan lain yang bisa didapatkan kan sistem komentar pada source code yang sudah diubah sehingga dapat menyelesaikan masalah jika terjadi code error. Developer lain bisa mengkoreksi source code atau bisa juga mencontohnya jika proteksi file dibuat open.

Cara Install Git Di Windows Dan Linux Terlengkap

Cara Install Git

Cara Install Git

Cara install Git memang berbeda antara Windows dan Linux, namun untuk operasinya dalam command sama sehingga bisa dimengerti lintas platform. Dengan kemudahan yang ditawarkan tentunya tak ada salahnya mencoba dan mengetahui cara install Git dengan benar. Kami sudah menyiapkan informasi seputar cara install git beserta downloadnya berikut ini.

Cara Install Git Di Linux

Cara Install Git Di Linux

Cara Install Git Di Linux

Memang untuk cara install Git di Linux tak menggunakan setup melainkan load terminal. Pastikan memiliki jaringan internet untuk bisa download secara langsung. Baik Debian maupun Fedora memiliki perintah atau command yang berbeda lebih jelasnya simak berikut ini.

1.Cara Install Git Debian

Silahkan buka terminal pada Linux Debian lalu ketikkan perintah seperti berikut ini

sudo apt install git

Bisa juga menggunakan perintah lain seperti berikut ini

sudo apt-get install git

2.Cara Install Git Fedora

Silahkan buka terminal pada Linux Fedora lalu ketikkan perintah seperti berikut ini

yum install git

Cara Install Git Di Windows

Cara Install Git Di Windows

Cara Install Git Di Windows

Cara install Git di Windows memang berbeda dari Linux, jika Linux bisa secara otomatis maka Windows harus manual download. Untuk download Git bisa langsung kunjungi situs resminya git-scm.com. Silahkan unduh versi Git yang sesuai dengan arsitektur sistem operasi yang kita miliki, baik 64 bit atau 32bit. Setelah mendownload kita harus menjalankan setup secara manual lebih lengkapnya simak langkah berikut ini.

1.Jalankan Installer Git

Jalankan Installer Git

Jalankan Installer Git

Masuk ke dirtektori dimana unduhan Git berada lalu klik installer 2 kali untuk menjalankan setup. Jika dibutuhkan akses administrator Windows maka berikan saja.

2. Informasi Lisensi

Informasi Lisensi

Informasi Lisensi

Akan muncul menu setup yang menerangkan informasi lisensi. Langung saja klik next untuk melanjutkan setup berikutnya.

3.Lokasi Instalasi

Lokasi Instalasi

Lokasi Instalasi

Menu berikutnya adalah memilih destinasi folder untuk instalasi, jika ingin merubahnya tinggal pilih browse. Namun jika ingin tetap di drive C maka langsung saja klik Next

4.Pemilihan Komponen

Pemilihan Komponen

Pemilihan Komponen

Pada tampilan setup berikutnya akan menampilkan beberapa komponen Git yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika ingin menggunakan komponen standar maka klik next saja.

5.Pemilihan Direktori Start Menu

Pemilihan Direktori

Pemilihan Direktori

Selanjutnya adalah pemilihan direktori untuk start menu, jika ingin merubah lokasi tinggal pilih browse. Namun jika ingin menggunakan lokasi bawaan maka klik next saja.

6.Pengaturan PATH Environment

Pengaturan PATH Environment

Pengaturan PATH Environment

Selanjutnya ada pengaturan PATH Environment, untuk pengguna Windows tentynya memilih menggunakan program bawaan yaitu Command Prompt (CMD). Pilih CMD lalu klik next

7.Konfigurasi Line Ending

Konfigurasi Line Ending

Konfigurasi Line Ending

Konfigurasi Line Ending Conversion dapat disesuaikan dengan kebutuhan developer, namun karena menggunakan Windows lebih baik memilih yang Windows style lalu klik next.

8.Konfigurasi Terminal Emulator

Konfigurasi Terminal Emulator

Konfigurasi Terminal Emulator

Pemilihan terminal emulator menggunakan bawaan console Windows seperti gambar diatas lalu klik next.

9.Konfigurasi Extra Option

Konfigurasi Extra Option

Konfigurasi Extra Option

Git memberikan beberapa opsi yang bisa dipilih, namun pakai yang standar saja dengan menyesuaikan gambar diatas lalu kemudian klik next.

10.Konfigirasi experimental Option

Konfigirasi experimental Option

Konfigirasi experimental Option

Karena menggunakan pengaturan standar maka jangan centang experimental Option dan langsung saja klik next untuk memulai instalasi

11.Proses Instalasi berjalan

Proses Instalasi berjalan

Proses Instalasi berjalan

Proses instalasi berjalan dan tunggu beberapa saat hingga selesai.

12.Selesai lalu Klik Finish

Selesai lalu Klik Finish

Selesai lalu Klik Finish

Jika sudah selesai maka tinggal klik finish, jangan centang View Release Note ataupun Launch Git Bash. Langkah selanjutnya tinggal mengakses Git lewat CMD, lalu cek versinya dengan command git –version

Demikian lah cara instal Git untuk Linux dan Windows yang bisa kami jabarkan diatas. Jika Install pada Linux dapat di didownload langsung melalui terminal sehingga lebih simple. Berbeda hal nya dengan Windows yang harus download dulu dan install secara manual. Namun fungsi Git pada windows dan Linux sama dengan perintah yang juga sama sehingga bisa digunakan secara cross platform.

Tags: , , , ,